Fungsi Gerakan Pemanasan Sebelum Melakukan Olahraga

Gerakan pemanasan

Gerakan pemanasan harus dilakukan sebelum Anda berolahraga berat untuk melemaskan otot agar lebih fleksibel dan tidak kaku. Selain itu, gerakan ini juga memiliki manfaat yang sangat besar dalam membantu keberhasilan kegiatan olahraga sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Fungsi-Fungsi Gerakan Pemanasan

Bagi pemula atau orang yang baru saja ingin merutinkan kegiatan olahraga dalam kehidupan sehari-harinya, harus mengetahui beberapa gerakan dalam pemanasan untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Mengapa itu penting? Ini penjelasan lengkap mengenai hal tersebut!

1. Menurunkan Risiko Cedera

Seperti yang sudah Anda ketahui, gerakan dalam pemanasan dapat membantu menurunkan risiko cedera ringan maupun parah pada seseorang saat hendak melakukan kegiatan olahraga berat. Karena, tahap ini akan membuat otot atau sendi menjadi lebih siap menjalankan step berikutnya.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk tahap pemanasan, seperti squat, push up, dan lain sebagainya. Semua memiliki manfaat berbeda-beda pada tubuh serta mempersiapkan otot dalam melakukan olahraga lebih berat.

2. Membuat Tubuh Bersemangat

Seseorang yang mudah lelah atau tidak bersemangat dalam melakukan kegiatan olahraga biasanya karena tidak melaksanakan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena aliran darah ke seluruh tubuh tidak terlalu lancar sebab kurangnya gerakan-gerakan mendasar di awal.

Oleh karena itu, untuk memaksimalkan olahraga agar mampu mencapai tujuan yang Anda inginkan, pastikan melakukan gerakan pemanasan secara maksimal dan benar terlebih dahulu. Ini juga dapat membantu meningkatkan energi pada tubuh supaya lebih bertenaga serta tidak mudah lelah.

3. Meningkatkan Fleksibilitas Pada Tubuh

Sudah pasti, pemanasan dapat membantu Anda meningkatkan fleksibilitas pada tubuh. Karena setiap gerakannya akan membuat otot menjadi lebih lemas dan tidak kaku. Ini juga membuat otot tidak kram apabila melakukan kegiatan berat atau tahapan dalam olahraga selanjutnya.

Ini juga dapat membantu Anda mengikuti berbagai gerakan yang akan dilakukan selama berolahraga. Selain itu, rasa sakit yang ditimbulkan pun menjadi lebih minim dan seseorang bisa menikmati kegiatan tersebut dengan nyaman tanpa harus merasakan sakit berlebihan.

4. Membuat Detak Jantung Tetap Stabil Selama Berolahraga

Manfaat selanjutnya dari pemanasan adalah menjaga detak jantung stabil selama melakukan olahraga. Hal ini bisa dicapai apabila Anda melakukan stretching dengan benar  dan sesuai arahan pelatih atau instruktur.

Dalam tahap ini, pembuluh darah dan sistem jantung akan terus ditingkatkan secara bertahap. Karena, setiap melakukan kegiatan olahraga, keberadaan jantung sangatlah berisiko tinggi sebab mampu menyebabkan suplai darah menjadi rendah. Oleh karena itu, pemanasan sangat penting untuk dilakukan.

Itu tadi penjelasan berkaitan dengan fungsi atau manfaat gerakan pemanasan yang perlu Anda lakukan sebelum berolahraga. Pastikan juga setiap stretchingnya benar agar otot lebih rileks dan lemas secara baik, sehingga dapat meminimalisir terjadinya cedera pada tubuh.

You May Also Like

About the Author: admin