Keistimewaan Puasa Ramadhan Berdasar Dalil Naqli

Keistimewaan Puasa Ramadhan Berdasar Dalil Naqli

Keistimewaan dan keutamaan bulan suci ramadan selalu ditunggu-tunggu oleh kaum muslim dalam dunia. Ada beberapa keistimewaan ramadan yang penting kamu kenali seperti termaktub dalam dalil dalil tentang puasa ramadhan, bahwa ia bisa menghapus dosa dari ramadhan ke ramadhan berikutnya. Berdasar hadis riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Salat lima waktu, salat jumat ke jumat berikutnya dan Ramadhan ke Ramadhan selanjutnya itu menghapus dosa-dosa antara keduanya selama dosa-dosa besar dijauhi.”

Disamping itu, bulan ramadan mempunyai banyak keberkahan karena kita dapat jalani ibadah puasa tanpa gangguan setan dan jin yang laknat. Sepanjang ramadan, mereka dibelenggu di neraka tertutup, sedang pintu surga dibuka lebar-lebar.

Selanjutnya bicara berkenaan ramadan dan ibadah puasa, harus dipahami jika kewajiban jalankan puasa itu terdapat pada dalil naqli puasa ramadhan, tepatnya pada surah Al Baqarah ayat 183.

Kamu dapat pahami kewajiban berpuasa lewat surat ini. Agar semakin menegaskan, Fimela.com akan melihat arti Surat Al Baqarah ayat 183 tentang kewajiban puasa ramadan. Baca artikelnya di bawah ini.

Bunyi Surat Al Baqarah ayat 183

Dalam surat Al-Baqarah ayat 183, Allah SWT berfirman, untuk memerintah umat Islam melakukan ibadah puasa pada bulan ramadan sepanjang sebulan penuh. Karena, ibadah puasa dapat menambah ketakwaan ke Allah SWT.

Adapun ayat yang berisi firman Allah berkenaan kewajiban puasa ini tercantum dalam Surat Al Baqarah ayat 183 yang mengeluarkan bunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Maknanya: “Hai beberapa orang yang memiliki iman, diharuskan atas kamu berpuasa seperti diharuskan atas beberapa orang saat sebelum kamu supaya kamu bertakwa.”

Dalil wajib puasa ramadhan ini memiliki kandungan banyak arti dan pelajaran berkenaan kewajiban dan penerapan puasa pada bulan ramadan. Kecuali Surat Al Baqarah ayat 183. Diambil dari Kitab Minhajul Muslim, perintah harus puasa pada bulan ramadhan sendiri turun di hari Senin bulan Sya’ban tahun ke-2 hijriyah.

Tinggalkan Balasan

Bahasa Gaul Amerika: 3 Ekspresi Teratas yang Sering Digunakan
Previous Post Bahasa Gaul Amerika: 3 Ekspresi Teratas yang Sering Digunakan
Trik Meningkatkan Engagement Tiktok Dengan Mudah
Next Post Trik Meningkatkan Engagement Tiktok Dengan Mudah